Skip to main content

SATU JAM MENUJU (LATAH KONTEMPLATIF)

kalo gambar diklik, lgs ke sumbernya
Dua jam yang lalu saya sudah memulai untuk menulis catatan ini sebenarnya, pakai handphone saya tentu saja. Karena belum ada koneksi internet di laptop, jadi saya mau menyicil sambil buat brownies dan caramel cake tadi. Tapi, ketika saya seling dengan proses membuat kue-kue itu tadi, ketikannya tidaks engaja hilang... Untunglah baru satu paragraf, jadi saya tidak terlalu bete dan murung seketika.Saya belum lihat catatan kontemplatif siapapun dari teman-teman saya, maka latah kontemplatif yang saya sebutkan di judul berlaku atas kejadian universal atas siapapun yang membuat catatan kontemplatifnya sendiri.
Malam ini malam tahun baru, coba acungkan tangan yang tidak tahu kalau ini malam tahun baru? Kamu yang disana? Bagus! Sudah tahu kan sekarang setelah membaca tulisan saya? Tapi kalau kamu membacanya besok pagi, atau lusa atau har-hari setelahnya, berarti kamu sudah berada di tahun yang baru, 2011.
Seperti malam-malam tahun baru sebelum-sebelumnya, saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Pilihan kegiatannya adalah menonton TV karena menyuguhkan tontonan yang tidak bisa dibilang jelek (untuk pilihan film akhir tahun selalu saya suka, contoh : Trans sedang memutar James Bond.), membaca buku (sedang tidak mood karena perpindahan tempat tinggal), dan tidur. Sekali dua kali pernah lah menghabiskan waktu dengan acara lain dengan orang-orang yang ramai. Sekali waktu, jaman saya SD nampaknya, pernah taun baruan di rumah kakak sepupu saya, bersama teman-temannya, dan saya 'tewas' duluan, maklum anak kecil. Dua kali adalah di rumah saya, saya ingat mengajak banyak orang, tapi yang hadir hanya teman-teman dekat saya kala itu, SMP kalau tidak salah. Hari itu berakhir dengan tepar, karena kamu berjalan-jalan keliling darah rumah saya setelah main kembang api di pergantian tahun. Bahkan saya tidak bisa mengingat tahun berapa itu... 6)~,~)"

40 menit menuju tahun depan...
I'll make it quick. Let's start reviewing this year! Kita bisa mulai dengan menengok resolusi, hmmm...., saya lebih suka menyebutnya TARGET, resolusi nampaknya istilah yang terlalu wah buat saya. Jangan tanya kenapa, saya hanya merasa.

Target saya tahun 2010 di awal tahun hanya satu, LULUS KULIAH. Waktu itu hanya itu yang ada di pikiran saya, karena saya memang sudah telat sekitar 2 semester lebih dari target awal saya. (bukan contoh yang baik sih..tapi, IRO-IRO #ahlasyan) Begitu saya lulus (08032010), muncullah 5 target lainnya. Jadi total saya punya 6 target. Dari seluruh 6 target yang saya buat, hanya 1 yang benar-benar tidak tersentuh oleh saya. Let's see!
1. LULUS KULIAH. Ohiya, nggak perlu dibahas lebih lanjut lah ya... Saya lulus bulan Maret, wisuda bulan Mei. Yang saya sesalkan hanyalah saya wisuda bukan di kampus asli (Graha terkenal setelah Sabuga, Grha Sanusi), tapi di atas bukit, tempat latihan TNI. Jadi saya tidak punya foto dengan latar belakang Gedung Iwa Koesumasoemantri yang terkenal itu (siapa yang baru tau ada gedung dengan nama itu? Hmmm....2?20?200?2000? Oke, silakan main ke Bandung, dan mampir di Dipati Ukur depan monumen perjuangan). Lagipula waktu itu termasuk gelombang (hampir) terakhir dari angkatan saya yang wisudaan (terima kasih tidak bareng 2006).
2. LES dan CEK TOEFL SCORE. Begitu lulus, saya langsung ngambil les toefl. Sekedar uji nyali, ingin tahu sampai sejauh mana kemampuan saya yang terpakai secara pasif dengan membaca jurnal. Lumayan, 583 itu tes terakhir, di tempat les-nya. Saya ingin coba yang di Jakarta yang bayarnya $163. Yuuuukkk...Nabung dan belajar dulu!
3. KERJA MUMPUNI. Tercapai di akhir tahun sih, baru beberapa minggu lalu. Saya diterima seleksi CPNS-BPS Pusat-Propinsi BERSIH! Hahahaha. Agak sombong sedikit tidak apa lah, memberi semangat kepada orang-orang yang pesimis tentang keadaan pemerintahan yang amburadul, bahwa keJUJURan itu masih berlaku untuk beberapa pihak. Dan hal itu harus dikuatkan, dikumpulkan, sehingga kita bisa mengalahkan ketidakjujuran yang sudah menjamur. Seperti kata teman saya, "Makanya cari teman yang juga jujur, biar kita nggak terbawa arus, dan bisa memperbaiki yang dinilai orang rusak dan jelek. Kalau sendirian, butuh dari sekedar semangat kalau begitu!". Dan satu lagi, "Peraturan itu ada bukan untuk dilanggar, tapi untuk disiasati." Saya orang yang tidak suka melanggar aturan, tapi saya belajar mensiasati agar tidak melanggar dan semua tujuan tetap tercapai.
4.BELAJAR SETIR MOBIL. Ini juga salah satu yang tercapai di hari-hari terakhir 2010. Baru pegang tapi tidak tegang dan bisa ngukur jalan...WOW! Dan hampir semua teman-teman saya yang tahu saya belajar mobil  menuntu saya cepat lancar dan membawa mereka jalan-jalan. D*mn! (Semoga bukan jalan-jalan langsung ke akhirat ya...Nau'dzubillahimindzalik!)
5. MEMULAI PROJECT PANJANG LAINNYA : NOVEL. Ini belum tersentuh sama sekali, baik dari ide, penokohan, alur, dan setiap aspeknya. LoL. Tapi progres yang bagus adalah, saya sempat bergabung dengan sebuah komunitas menulis di Bandung namanya Reading Lights Writing Circle. Tulisan saya dinilai menarik dan narasi saya menghanyutkan. (Opini ini sempat membuat saya amencari-cari kalau-kalau ada yang mencari dubber untuk acara on air, atau drama asia. LoL) Saya juga ditawari untuk turut serta dalam sebuah project Antologi Cerpen yang bertemakan abjad A-Z yang akan diusahakan naik cetak, saya kebagian huruf C. Tapi entahlah, saya sudah lama tidak mendengar kabarnya, ditambah lagi saya sudah pindah dari Bandung. Hix!
6. S2.
Skip sebentar......
Di luar ramai sekali dengan kembang api dan mercon, jedar-jeder-jedor, padahal jam saya masih 15 menit lagi sebelum tengah malam...Dan ayah saya tidak terbangun sama sekali dengan suara-suara berisik ini. (berisik menurut saya karena saya tidak bisa melihat keindahan bunga-bunga apinya.)
Lanjut...
6.S2. Ini adalah pilihan utama saya setelah saya lulus kuliah. Saya sempat mencoba, tapi gagal. Yah, sudahlah... Jadi kita kembali ke poin nomor tiga.

Barusan kamu sudah membaca catatan kontemplatif pribadi saya. Bagaimana dengan kamu?

Reading Happily All!
Enjoy!
:-D

And HAPPY NEW YEAR 2011.

nb:
Beberapa yang menarik dan unik di tahun ini yang diluar kendali target saya adalah hal-hal berikut :
1. PACAR BARU. Yah...Sudah lewat setahun dari pacar terakhir saya (yang masih berhubungan baik sampai sekarang). Ketika saya memutuskan untuk menjalani single sampai seenggaknya dua tahun ke depan, he came! And I talked to myself... "Jalani saja... Kalau dampaknya buruk (baca : seperti yang lalu), bolehlah hanya menumpang mandi." Tapi so far, He brought me positive atmosphere dengan memberikan dirinya sebagai samsak kekesalan dan kemarahan saya berkali-kali. Thanks dear, it means alot for me... :-)
2.PINDAH DARI BANDUNG. Gara-gara pekerjaan mumpuni di poin nomor tiga inilah, saya merasakan kesedihan (yang agak lebay juga kalau dirasa, tapi semua yang pernah di Bandung mengatakan hal yang sama dengan saya). Hal ini juga pernah saya posting disini.
3.PAPA SAYA BELI MOBIL. Karena saya nggak masuk S2, jadi beliau beli mobil.
4.SAYA RASA SAYA TIDAK BERPERILAKU BAIK TAHUN INI. Saya banyak marah-marah nggak jelas, nggak inget ulang tahun teman-teman dekat saya kecuali diingatkan, cuek, nggak terlalu peduli sama perasaan orang lain, berpikir enaknya sendiri, banyak su'udzon sama orang (walaupun banyak disimpan sendiri juga), dan lain-lain. Tahun depan, Insya Allah, saya mau jadi orang baik-baik lagi.

Comments

Popular posts from this blog

DILAN 1990, DILAN 1991, dan MILEA

"Jangan datang ke perempuan untuk membuat dia mau, tapi datanglah ke perempuan untuk membuat dia senang."

Saya hari ini sudah menyelesaikan buku MILEA-nya Pidi Baiq versi soft-reading (jangan tanya dapat dari mana!) setelah saya penasaran begitu buku itu keluar. Budget buku saya lagi dikurangi. Hahahaha.

Saya membeli Dilan 1990 dan Dilan 1991 secara terpisah, yang satu di toko buku di kota saya dengan diskon, dan yang satu lagi dengan dalih lagi-lagi penasaran akan kelanjutannya, saya pesan online dengan diskon juga. Ketika Milea keluar, saya hampir mau membeli ikutan PO, tapi saya nggak butuh CDnya. Akhirnya nggak jadi. Begini dan begitu, ini dan itu, akhirnya saya membaca Milea. Setelah selesai membaca Milea, apakah Ayah Pidi akan mengeluarkan buku lanjutan Dilan-Milea lain? Soalnya Milea kan sudah mau tunangan dan Dilan sudah punya pacar yang juga dia pikirkan selalu.Ups....

Saya kaget waktu membaca Milea di awal karena ternyata Milea ini dari sudut pandang Dilan, dan dua…

RIUH JAGAD MAYA

Setelah pilkada Jakarta usai, ternyata keriuhan jagad maya belum selesai.
Wow banget kaka... salut sama kamu-kamu-kamu yang tiada henti entah menebar fakta atau isu atau sekedar pendapat dan pemikirannya atau malah fitnah (na'udzubullah) di jagad maya. Konsistensi yang luar biasa.... *standing applause*
Seakan-akan energimu tiada habisnya untuk mencari dan mencari, sebar dan membagi.
Coba energimu dialihkan untuk lebih keras mencari jodoh dan menggenapkan setengah dien. #eh
Coba energimu dialihkan untuk  mencari keahlian baru yang bisa berguna untuk nambahin CV atau sekedar keterampilan kerja dan kreatifitas. #uh-huh
Coba energimu digunakan untuk berbaikan dengan teman-temanmu yang terputus silaturahminya karena satu atau dua kata yang menyulut pertengkaran yang sesungguhnya tidak penting dan merugikan. #udahsipbelum?
Coba, lagi, energimu digunakan untuk mencari uang lebih banyak supaya bisa mencari restoran yang murah dan enak supaya bisa traktir keluarga besarmu. #yanginisipbange…

SCURVY

SCURVY. Pernah dengar sebelumnya? Nggak? Saya juga tadinya belum pernah baru dengar. :-D Gara-gara cerpen yang saya buat, saya jadi tahu kata ini, SCURVY, beserta arti lainnya. Kalau menurut terjemahan Om Gugel, SCURVY ini artinya CURANG. Curang itu contohnya seperti ini, "Hati-hati awas jatuh ke CURANG!", atau seperti ini, "Tolong tambahkan uang saku bulanan aku donk Pa, CURANG nih buat jajan.".  Garink?  Yes, I Am! :-P
Kali ini saya bukan membahas mengenai SCURVY=CURANG. Ada SCURVY yang lain. SCURVY yang berarti adalah defisiensi vitamin C. Wow! Saya kira tadinya kalau kekurangan vitamin ya namanya hanya avitaminosis. Ternyata, yang ini ada nama penyakitnya! SCURVY. Mau tau lebih lanjut? Enjoy this writing!