Skip to main content

DEFINING HAPPINESS ala Hector dan Lelord

Hari ini saya baru saja menyelesaikan sebuah buku dalam daftar CR saya yang berjudul Hector and The Search of Happiness. Buku ini sangat lugu, walaupun seharusnya tokohnya tidak selugu itu mengingat profesinya yang adalah psikiater. Namun saya terpukau. Membaca buku ini seperti membaca buku teks fakultas saya secara menyenangkan, yah walaupun yang dibahas hanaya satu, kebahagiaan. Saya tidak akan membuat review seperti biasa, buat saya buku ini awkarin AWESOME!

Why?

Banyak hal. Pertama, saya suka tokohnya, dan perjalanannya. Hector si tokoh tidak pernah menyebutkan secara eksplisit negara yang dia kunjungi. Walaupun di belakang buku tertulis tempat-tempat dia melakukan perjalanan, namun di dalam buku tidak pernah disebutkan secara gamblang. Kita harus menebak-nebak dia sedang ada di negara mana atau benua yang mana dari deskrpsi orang-orang yang dia temui dan kondisi negara yang dia alami saat itu.

Kedua, Hector adalah orang yang lugu, walaupun dia seorang psikiater. Hahaha. Hal ini menjadi lucu, karena Hector benar-benar orang yang bisa menghayati dirinya dan orang lain dengan segala ketidaksempurnaan (kalau tidak mau menyebutnya negtivistik), dan tetap menjadi pribadi yang positif. Seakan-akan Hector seumur hidupnya selalu mengalami kejadian yang lurus-lurus saja. Biasanya, orang yang mengalami kejadian yang lurus-lurus saja akan menjadi kepribadian yang lugu (kalau kita nggak mau dibilang naif). Tapi saya yakin, Hector tidak selugu itu, hahaha. Bingung? Makanya saya bilang lucu.

Ketiga, cara Hector menyimpulkan apa yang dia observasi sangat mudah dipahami, dan menyenangkan untuk dipraktekkan di kehidupan nyata. Serius, saya seperti kembali ke masa-masa kuliah dimana saya belajar untuk melihat orang tidak hanya sekedar apa yang dia perlihatkan di luar saja. Apa yang dituliskan Francois Lelord tentang Hector dan perjalanannya sangat mudah untuk diikuti bahkan oleh orang awam sekalipun.

Keempat, isi buku ini sangat menyenangkan. Seperti menemukan sumber literasi baru kalau-kalau kamu sedang buntu mengerjakan skripsi mengenai kebahagiaan. Hahaha. Yah walaupun bukan buku ilmu yang bisa dipraktekkan secara ilmiah, saya rasa ada beberapa penelitian yang mirip yang benar-benar dilakukan perihal Kebahagiaan ini. Perjalanan, observasi, faktor-faktornya, formulanya, kegiatan ilmiahnya, semuanya tidak mungkin tidak dapat diaplikasikan di kehidupan nyata. Sampai akhirnya pada bagian terakhir Hector menyimpulkan 5 bagian kebahagiaan menurut versinya. Apa saja? Sila temukan di dalam buku ini. ;)

Saya sangat menyukai pelajaran-pelajaran mengenai kebahagiaan yang Hector temukan dalam perjalanannya, bagaimana dia bisa memetik pelajaran seperti itu, kalian harus membaca utuh buku ini. Hehehe.
1. Membuat perbandingan bisa merusak kebahagiaan
2. Kebahagiaan seringkali datang di saat-saat tidak terduga
3. Banyak orang yang meilaht kebahagiaan hanya berada di masa depan
4. Banyak orang mengira bahwa kebahagiaan itu berasal dari kemampuan mendapatkan kekuasaan lebih besar atau uang yang lebih banyak
5. Terkadang kebahagiaan itu adalh tidak mengetahui kenyataan yang ada
6. Kebahagiaan adalah sebuah perjalanan jauh di pergunungan yang indah dan asing
7. Memikirkan kebahagiaan sebagai sebuah tujuan merupakan kekeliruan
8. Kebahagiaan adalah kebersamaan dengan orang-orang yang dicintai
8b. Ketidakbahagiaan adalah terpisahkan dari orang-orang yang dicintai
9. Kebahagiaan adalah mengetahui keluarga kita tidak kekurangan apapun
10.Kebahagiaan adalah melakukan pekerjaan yang kita senangi
11. Kebahagiaan adalah memiliki rumah dan kebun sendiri
12. Lebih sulit untuk merasa bahagia di sebuah negara yang dipimpin orang-orang jahat
13. Kebahagiaan adalah merasa berguna untuk orang lain
14. Kebahagiaan adalah dicintai karena diri kita apa adanya
Observasi : orang-orang lebih berbaik hati kepada anak-anak yang tersenyum (sangat penting)
15. Kebahagiaan hadir ketika kita  merasa benar-benar hidup
16. Kebahagiaan adalah mengetahui cara merayakan sesuatu
17. Kebahagiaan adalah peduli terhadap kebahagiaan orang-orang yang kita cintai
18. Kebahagiaan bisa berarti kebebasan untuk mencintai lebih dari satu wanita di saat bersamaan. *poin ini kemudian dicoret oleh Hector untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hehehe)
19. Matahari dan laut membuat semua orang bahagia.
20. Kebahagiaan adalah cara pandang terhadap sesuatu.
21. Persaingan meracuni kebahagiaan
22. Wanita lebih peduli untuk membuat orang lain bahagia dibandingkan pria
23. Kebahagiaan berarti memastikan bahwa orang-orang yang berada di sekeliling kita bahagia.
Pelajaran baru :
1.Bersikaplah penuh perhatian kepada orang lain.
2. Luangkan waktu untuk mengamati keindahan dunia

Kelima, saya menyukai buku ini karena menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang bisa kita jawab berkaitan dengan kebahagiaan kita masing-masing, seperti ini :
a. Perbedaan apa yang ada antara hidup yang kau miliki saat ini dengan hidup yang kau harapkan kau miliki?
b. Perbedaan apa yang ada antara kehidupan yang dia miliki saat ini dengan masa-masa terbaik dalam hidup kita di masa lalu?
c. Perbedaan apa yang ada antara apa yang kaumiliki dengan apa yang dimiliki orang lain?

Dengan ketiga pertanyaan di atas, kita bisa menyesuaikan dengan pelajaran-pelajaran yang ditemukan Hector untuk bisa merasakan lebih banyak kebahagiaan. Jadi, kebahagiaan seperti apa yang kam inginkan?

Selamat berbahagia semuanya!
XOXO

Comments

Popular posts from this blog

DILAN 1990, DILAN 1991, dan MILEA

"Jangan datang ke perempuan untuk membuat dia mau, tapi datanglah ke perempuan untuk membuat dia senang."

Saya hari ini sudah menyelesaikan buku MILEA-nya Pidi Baiq versi soft-reading (jangan tanya dapat dari mana!) setelah saya penasaran begitu buku itu keluar. Budget buku saya lagi dikurangi. Hahahaha.

Saya membeli Dilan 1990 dan Dilan 1991 secara terpisah, yang satu di toko buku di kota saya dengan diskon, dan yang satu lagi dengan dalih lagi-lagi penasaran akan kelanjutannya, saya pesan online dengan diskon juga. Ketika Milea keluar, saya hampir mau membeli ikutan PO, tapi saya nggak butuh CDnya. Akhirnya nggak jadi. Begini dan begitu, ini dan itu, akhirnya saya membaca Milea. Setelah selesai membaca Milea, apakah Ayah Pidi akan mengeluarkan buku lanjutan Dilan-Milea lain? Soalnya Milea kan sudah mau tunangan dan Dilan sudah punya pacar yang juga dia pikirkan selalu.Ups....

Saya kaget waktu membaca Milea di awal karena ternyata Milea ini dari sudut pandang Dilan, dan dua…

RIUH JAGAD MAYA

Setelah pilkada Jakarta usai, ternyata keriuhan jagad maya belum selesai.
Wow banget kaka... salut sama kamu-kamu-kamu yang tiada henti entah menebar fakta atau isu atau sekedar pendapat dan pemikirannya atau malah fitnah (na'udzubullah) di jagad maya. Konsistensi yang luar biasa.... *standing applause*
Seakan-akan energimu tiada habisnya untuk mencari dan mencari, sebar dan membagi.
Coba energimu dialihkan untuk lebih keras mencari jodoh dan menggenapkan setengah dien. #eh
Coba energimu dialihkan untuk  mencari keahlian baru yang bisa berguna untuk nambahin CV atau sekedar keterampilan kerja dan kreatifitas. #uh-huh
Coba energimu digunakan untuk berbaikan dengan teman-temanmu yang terputus silaturahminya karena satu atau dua kata yang menyulut pertengkaran yang sesungguhnya tidak penting dan merugikan. #udahsipbelum?
Coba, lagi, energimu digunakan untuk mencari uang lebih banyak supaya bisa mencari restoran yang murah dan enak supaya bisa traktir keluarga besarmu. #yanginisipbange…

SCURVY

SCURVY. Pernah dengar sebelumnya? Nggak? Saya juga tadinya belum pernah baru dengar. :-D Gara-gara cerpen yang saya buat, saya jadi tahu kata ini, SCURVY, beserta arti lainnya. Kalau menurut terjemahan Om Gugel, SCURVY ini artinya CURANG. Curang itu contohnya seperti ini, "Hati-hati awas jatuh ke CURANG!", atau seperti ini, "Tolong tambahkan uang saku bulanan aku donk Pa, CURANG nih buat jajan.".  Garink?  Yes, I Am! :-P
Kali ini saya bukan membahas mengenai SCURVY=CURANG. Ada SCURVY yang lain. SCURVY yang berarti adalah defisiensi vitamin C. Wow! Saya kira tadinya kalau kekurangan vitamin ya namanya hanya avitaminosis. Ternyata, yang ini ada nama penyakitnya! SCURVY. Mau tau lebih lanjut? Enjoy this writing!