Skip to main content

SCURVY

SCURVY.
Pernah dengar sebelumnya? Nggak?
Saya juga tadinya belum pernah baru dengar. :-D
Gara-gara cerpen yang saya buat, saya jadi tahu kata ini, SCURVY, beserta arti lainnya.
Kalau menurut terjemahan Om Gugel, SCURVY ini artinya CURANG. Curang itu contohnya seperti ini, "Hati-hati awas jatuh ke CURANG!", atau seperti ini, "Tolong tambahkan uang saku bulanan aku donk Pa, CURANG nih buat jajan.". 
Garink? 
Yes, I Am! :-P

Kali ini saya bukan membahas mengenai SCURVY=CURANG. Ada SCURVY yang lain. SCURVY yang berarti adalah defisiensi vitamin C. Wow!
Saya kira tadinya kalau kekurangan vitamin ya namanya hanya avitaminosis. Ternyata, yang ini ada nama penyakitnya! SCURVY. Mau tau lebih lanjut? Enjoy this writing!


SCURVY adalah kondisi yang ditandai dengan rasa lemas, kurang darah (anemia), radang gusi, dan perdarahan pada kulit yang disebabkan karena defisiensi vitamin C dari makanan. Seperti yang kita tahu, vitamin C itu sangat dibutuhkan untuk pembentukan kolagen, komponen terpenting dalam jaringan ikat yang berguna menunjang fungsi-fungsi pembuluh darah maupun jaringan lain dalam tubuh. VItamin C juga memerankan peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, metabolisme kolesterol, dan aktivitas tubuh lainnya. Kalau tidak segera ditangani, bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.
TANDA DAN GEJALA :
  • Gejala yang muncul biasanya setidaknya 3 bulan sejak kurangnya konsumsi vitamin c dalam tubuh. Pasien biasanya mengeluh rasa lemas dan nyeri pada kaki. Jika tidak segera ditangani, scurvy bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.
  • Pada kulit ditemukan bintik merah atau kebiruan di sekitar rambut. Rambut mudah sekali tercabut. Bintik kemudian dapat membesar.
  • Di mulut, gusi mungkin bengkak dan kemerahan, kenyal jika diraba. Sedikit sentuhan dapat membuat gusi mudah berdarah. Seringkali juga disebabkan karena kebersihan mulut yang kurang dijaga.
  • Perdarahan pada persendian dapat menimbulkan nyeri dan perasaan tidak nyaman. Persendian tampak merah, bengkak, dan nyeri bahkan dapat membuat pasien kesulitan dalam berjalan.
  • Pasien juga mungkin mengeluhkan mata kering, mudah iritasi, tidak tahan terhadap cahaya, pandangan kabur, dan rasa lengket.
  • Anemia atau kurang darah terjadi pada 75% pasien scurvy karena hilangnya darah ke jaringan, gangguan penyerapan dari zat besi, serta perdarahan saluran cerna.
  • Dapat juga disertai sesak nafas, tensi rendah, dan sakit dada yang dapat menyebabkan kematian.
PENYEBAB
  • Scurvy disebabkan okeh karena defisiensi (kurangnya) vitamin C dalam tubuh
  • Scurvy biasanya terjadi pada pelaut yang berlayar di lautan bebas dalam jangka waktu lama, seperti saat pertama kali ditemukan pada pelaut di abad ke15, dimana mereka kekurangan sumber vitamin C yang dapat mudah didapat dari buah seperti jeruk.
  • Walaupun scurvy sangat jarang ditemukan pada kehidupan modern seperti saat ini, dimana didapatkan akses yang cukup mudah dan merata untuk menikmati buah dan sayuran segar, terutama di Indonesia, bagaimanapun beberapa kelompok orang mempunyai resiko tinggi terjadinya scurvy, termasuk diantaranya: orang dengan kurangnya nutrisi dalam jangka waktu panjang / malnutrisi kronik (peminum alkohol, orang tua, orang yang tinggal sendiri, anak-anak, orang yang menjalani diet tertentu, penyakit kejiwaan), orang dengan kondisi medis tertentu dimana absorbsi vitamin berkurang (pasien cuci darah, kelainan pencernaan), negara dimana terjadi angka tinggi kurang gisi, atau di populasi dimana ditemukan kesulitan akses konsumsi buah dan sayuran.
TERAPI
Terapi untuk scurvy sangatlah mudah, dengan meminum suplemen vitamin c. Dosis dewasa adalah 800-1000 mg/hari untuk setidaknya satu bulan, dilanjutkan dengan dosis 400mg/hari sampai pemulihan. Saat ini banyak tablet ataupun cairan vitamin c dalam kadar yang cukup tinggi, yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Perbaikan dapat dilihat dalam 24 jam setelah terapi. Biasanya kerusakan permanen tidak terjadi pada scurvy, kecuali gigi tanggal pada kelainan gusi.
KOMPLIKASI
Scurvy, jika tidak segera ditangani, dapat menjadi fatal dan berhubungan dengan kematian
Kematian yang berhubungna dengan perdarahan, tergantung dengan lokasi perdarahan di tubuh. Pda perdarahan di tulang, dapat ditemuan nyeri yang dapat menjadi lumopuh. Hilangnya fungsi organ tertentu akibat perdarahan sering menjadi komplikasi scurvy.
PENCEGAHAN
Diet dengan kadar vitamin C yang cukup dapat mencegah scurvy. Kebutuhan vitamin C pada tiap umur berbeda, berdasarkan Food and Nutrition Board of the National Academy of Sciences, kebutuhan vitamin C dalam sehari berdasarkan kelompok usia adalah sebagai berikut:
  • Bayi (sampai usia 1 tahun) = 30-40 mg/hari
  • Anak dan dewasa = 45-60 mg/hari
  • Wanita Hamil = 70mg/hari
  • Ibu menyususi = 90-95/hari
edi brokoli
Nah, itu tadi tentang SCURVY. Untuk teman-teman yang tidak suka mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, coba mulai diertimbangkan lagi kebiasaan yang tidak bisa dibilang menguntungkan itu. Vitamin C itu ada banyak di buah jeruk, berry-berry-an, brokoli, kembang kol, sawi, bayam, kentang, dan tomat. Ada banyak kan pilihannya?
jeruk selalu jadi pemenang!
Kalau tidak suka makan sayur, ya makanlah buah. Kalau tidak mau makan buahnya utuh, coba di jus. Kalau tidak suka buah utuh dan jus, coba pakai suplemen. Kalau tidak suka juga, coba paksakan diri Anda! >:)
beri-beri-an

Read Happily All.
Keep Healthy and Enjoy!
:-) 

nb : kalau ada yang nanya mana cerpennya, saya simpen dulu, soalnya butuh diproses. :-P 

Comments

  1. Saya gak suka makan jeruk, tapi saya suka minum es jeruk. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DILAN 1990, DILAN 1991, dan MILEA

"Jangan datang ke perempuan untuk membuat dia mau, tapi datanglah ke perempuan untuk membuat dia senang."

Saya hari ini sudah menyelesaikan buku MILEA-nya Pidi Baiq versi soft-reading (jangan tanya dapat dari mana!) setelah saya penasaran begitu buku itu keluar. Budget buku saya lagi dikurangi. Hahahaha.

Saya membeli Dilan 1990 dan Dilan 1991 secara terpisah, yang satu di toko buku di kota saya dengan diskon, dan yang satu lagi dengan dalih lagi-lagi penasaran akan kelanjutannya, saya pesan online dengan diskon juga. Ketika Milea keluar, saya hampir mau membeli ikutan PO, tapi saya nggak butuh CDnya. Akhirnya nggak jadi. Begini dan begitu, ini dan itu, akhirnya saya membaca Milea. Setelah selesai membaca Milea, apakah Ayah Pidi akan mengeluarkan buku lanjutan Dilan-Milea lain? Soalnya Milea kan sudah mau tunangan dan Dilan sudah punya pacar yang juga dia pikirkan selalu.Ups....

Saya kaget waktu membaca Milea di awal karena ternyata Milea ini dari sudut pandang Dilan, dan dua…

RIUH JAGAD MAYA

Setelah pilkada Jakarta usai, ternyata keriuhan jagad maya belum selesai.
Wow banget kaka... salut sama kamu-kamu-kamu yang tiada henti entah menebar fakta atau isu atau sekedar pendapat dan pemikirannya atau malah fitnah (na'udzubullah) di jagad maya. Konsistensi yang luar biasa.... *standing applause*
Seakan-akan energimu tiada habisnya untuk mencari dan mencari, sebar dan membagi.
Coba energimu dialihkan untuk lebih keras mencari jodoh dan menggenapkan setengah dien. #eh
Coba energimu dialihkan untuk  mencari keahlian baru yang bisa berguna untuk nambahin CV atau sekedar keterampilan kerja dan kreatifitas. #uh-huh
Coba energimu digunakan untuk berbaikan dengan teman-temanmu yang terputus silaturahminya karena satu atau dua kata yang menyulut pertengkaran yang sesungguhnya tidak penting dan merugikan. #udahsipbelum?
Coba, lagi, energimu digunakan untuk mencari uang lebih banyak supaya bisa mencari restoran yang murah dan enak supaya bisa traktir keluarga besarmu. #yanginisipbange…