Skip to main content

SCURVY

SCURVY.
Pernah dengar sebelumnya? Nggak?
Saya juga tadinya belum pernah baru dengar. :-D
Gara-gara cerpen yang saya buat, saya jadi tahu kata ini, SCURVY, beserta arti lainnya.
Kalau menurut terjemahan Om Gugel, SCURVY ini artinya CURANG. Curang itu contohnya seperti ini, "Hati-hati awas jatuh ke CURANG!", atau seperti ini, "Tolong tambahkan uang saku bulanan aku donk Pa, CURANG nih buat jajan.". 
Garink? 
Yes, I Am! :-P

Kali ini saya bukan membahas mengenai SCURVY=CURANG. Ada SCURVY yang lain. SCURVY yang berarti adalah defisiensi vitamin C. Wow!
Saya kira tadinya kalau kekurangan vitamin ya namanya hanya avitaminosis. Ternyata, yang ini ada nama penyakitnya! SCURVY. Mau tau lebih lanjut? Enjoy this writing!


SCURVY adalah kondisi yang ditandai dengan rasa lemas, kurang darah (anemia), radang gusi, dan perdarahan pada kulit yang disebabkan karena defisiensi vitamin C dari makanan. Seperti yang kita tahu, vitamin C itu sangat dibutuhkan untuk pembentukan kolagen, komponen terpenting dalam jaringan ikat yang berguna menunjang fungsi-fungsi pembuluh darah maupun jaringan lain dalam tubuh. VItamin C juga memerankan peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, metabolisme kolesterol, dan aktivitas tubuh lainnya. Kalau tidak segera ditangani, bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.
TANDA DAN GEJALA :
  • Gejala yang muncul biasanya setidaknya 3 bulan sejak kurangnya konsumsi vitamin c dalam tubuh. Pasien biasanya mengeluh rasa lemas dan nyeri pada kaki. Jika tidak segera ditangani, scurvy bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.
  • Pada kulit ditemukan bintik merah atau kebiruan di sekitar rambut. Rambut mudah sekali tercabut. Bintik kemudian dapat membesar.
  • Di mulut, gusi mungkin bengkak dan kemerahan, kenyal jika diraba. Sedikit sentuhan dapat membuat gusi mudah berdarah. Seringkali juga disebabkan karena kebersihan mulut yang kurang dijaga.
  • Perdarahan pada persendian dapat menimbulkan nyeri dan perasaan tidak nyaman. Persendian tampak merah, bengkak, dan nyeri bahkan dapat membuat pasien kesulitan dalam berjalan.
  • Pasien juga mungkin mengeluhkan mata kering, mudah iritasi, tidak tahan terhadap cahaya, pandangan kabur, dan rasa lengket.
  • Anemia atau kurang darah terjadi pada 75% pasien scurvy karena hilangnya darah ke jaringan, gangguan penyerapan dari zat besi, serta perdarahan saluran cerna.
  • Dapat juga disertai sesak nafas, tensi rendah, dan sakit dada yang dapat menyebabkan kematian.
PENYEBAB
  • Scurvy disebabkan okeh karena defisiensi (kurangnya) vitamin C dalam tubuh
  • Scurvy biasanya terjadi pada pelaut yang berlayar di lautan bebas dalam jangka waktu lama, seperti saat pertama kali ditemukan pada pelaut di abad ke15, dimana mereka kekurangan sumber vitamin C yang dapat mudah didapat dari buah seperti jeruk.
  • Walaupun scurvy sangat jarang ditemukan pada kehidupan modern seperti saat ini, dimana didapatkan akses yang cukup mudah dan merata untuk menikmati buah dan sayuran segar, terutama di Indonesia, bagaimanapun beberapa kelompok orang mempunyai resiko tinggi terjadinya scurvy, termasuk diantaranya: orang dengan kurangnya nutrisi dalam jangka waktu panjang / malnutrisi kronik (peminum alkohol, orang tua, orang yang tinggal sendiri, anak-anak, orang yang menjalani diet tertentu, penyakit kejiwaan), orang dengan kondisi medis tertentu dimana absorbsi vitamin berkurang (pasien cuci darah, kelainan pencernaan), negara dimana terjadi angka tinggi kurang gisi, atau di populasi dimana ditemukan kesulitan akses konsumsi buah dan sayuran.
TERAPI
Terapi untuk scurvy sangatlah mudah, dengan meminum suplemen vitamin c. Dosis dewasa adalah 800-1000 mg/hari untuk setidaknya satu bulan, dilanjutkan dengan dosis 400mg/hari sampai pemulihan. Saat ini banyak tablet ataupun cairan vitamin c dalam kadar yang cukup tinggi, yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Perbaikan dapat dilihat dalam 24 jam setelah terapi. Biasanya kerusakan permanen tidak terjadi pada scurvy, kecuali gigi tanggal pada kelainan gusi.
KOMPLIKASI
Scurvy, jika tidak segera ditangani, dapat menjadi fatal dan berhubungan dengan kematian
Kematian yang berhubungna dengan perdarahan, tergantung dengan lokasi perdarahan di tubuh. Pda perdarahan di tulang, dapat ditemuan nyeri yang dapat menjadi lumopuh. Hilangnya fungsi organ tertentu akibat perdarahan sering menjadi komplikasi scurvy.
PENCEGAHAN
Diet dengan kadar vitamin C yang cukup dapat mencegah scurvy. Kebutuhan vitamin C pada tiap umur berbeda, berdasarkan Food and Nutrition Board of the National Academy of Sciences, kebutuhan vitamin C dalam sehari berdasarkan kelompok usia adalah sebagai berikut:
  • Bayi (sampai usia 1 tahun) = 30-40 mg/hari
  • Anak dan dewasa = 45-60 mg/hari
  • Wanita Hamil = 70mg/hari
  • Ibu menyususi = 90-95/hari
edi brokoli
Nah, itu tadi tentang SCURVY. Untuk teman-teman yang tidak suka mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, coba mulai diertimbangkan lagi kebiasaan yang tidak bisa dibilang menguntungkan itu. Vitamin C itu ada banyak di buah jeruk, berry-berry-an, brokoli, kembang kol, sawi, bayam, kentang, dan tomat. Ada banyak kan pilihannya?
jeruk selalu jadi pemenang!
Kalau tidak suka makan sayur, ya makanlah buah. Kalau tidak mau makan buahnya utuh, coba di jus. Kalau tidak suka buah utuh dan jus, coba pakai suplemen. Kalau tidak suka juga, coba paksakan diri Anda! >:)
beri-beri-an

Read Happily All.
Keep Healthy and Enjoy!
:-) 

nb : kalau ada yang nanya mana cerpennya, saya simpen dulu, soalnya butuh diproses. :-P 

Popular posts from this blog

OST. SECRET GARDEN (TxT)

Baek Ji Young – That Woman (백지영 - 그 여자) 한 여자가 그대를 사랑합니다 han yeojaga geudaerul saranghamnida One woman loves you 그 여자는 열심히 사랑합니다 geu yeojaneun yeolshimi saranghamnida She loves you with all her heart 매일 그림자처럼 그대를 따라다니며 maeil geurimjacheoreum geudaereul ddaradanimyeo Everyday she follows you like a shadow 그 여자는 웃으며 울고있어요 geu yeojaneun ooseumyeo oolgoisseoyo She is laughing but crying 얼마나 얼마나 더 너를 uhlmana uhlmana deo nuhreul How much more How much more 이렇게 바라만 보며 혼자 ireokae baramahn bomyuh honja Must I gaze at you like this alone 이 바람같은 사랑 이 거지같은 사랑 ee baramgateun sarang ee geojigateun sarang This meaningless love, this miserable love 계속해야 니가 나를 사랑 하겠니 gyaesokhaeya niga nareul sarang hagaetni Must I continue for you to love me 조금만 가까이 와 조금만 jogeumman gakkai wa jogeumman Come closer a little bit more 한발 다가가면 두 발 도망가는 hanbal dagagamyun doo bal domangganeun When I take a step closer, you run away with both feet 널 사랑하는 난 지금도 옆에 있어 nul saranghaneun nahn jigeumdo yeopae is

Sudah 23 Masih Belum Bisa Menyetrika (Dengan Baik)

Kemarin umur saya bertambah, jadi 23. Usia pantas menikah untuk perempuan. Katanya orang-orang tua sih.... :D Saya memulai hari kemarin dengan hampir tidak tidur pada waktu dini hari. Kemudian hampir kesiangan untuk sahur. Sampai akhirnya hampir tidak melakukan apa-apa seharian. Usia 23 ini saya rasakan adalah usia yang sama seperti kata HAMPIR ini. Kalau orang bilang usia 23 itu usia yang matang untuk wanita dewasa, saya lebih memilih menuju atau hampir matang dengan menyelesaikan tugas perkembangan saya satu-persatu. Kalau ada yang bilang usia 23 ini wanita seharusnya sudah bisa hidup mandiri, saya hampir bisa, tinggal cari pendapatan tetap untuk menggenapi seluruh biaya hidup mandirinya. Kalau ada yang bilang usia 23 itu sudah sepantasnya menikah, sedangkan saya hampir  belum merasa ingin menikah. :D Setrikaan saya yang sudah berumur 6 tahun. Setelah solat subuh dan mengaji, saya memutuskan untuk tidur lagi karena malamnya saya baru tidur sebentar. Saya bangun sekitar jam

DUDUK DI DEPAN ITER/PEWAWANCARA (1)

grogi??? Hay dearest reader... Mumpung saya masih kepengin menulis jadi kita lanjutkan saja postingan nya. Kali ini saya berbagi tips dan pengalaman seputar wawancara. Berhubung banyak teman-teman yang bertanya tentang persiapan, pertanyaan, dan tampilan yang harus dibawa saat wawancara, mungkin ini dapat membantu.