Skip to main content

INCEPTION ~dalam pikiran saya~ part 1





SPOILER ALERT!!!
SPOILER ALERT!!!
SPOILER ALERT!!!



*tadinya mau buat versi bahasa inggris, tapi kayaknya otak saya lagi tidak mau bekerja dobel untuk mengarang dan menterjemahkan, karena sesungguhnya tadi sore waktu saya nonton film ini, saya sama sekali tidak membaca teksnya tapi mendengarkan percakapannya supaya mata saya fokus sama gambar. Dan itu terjadi secara otomatis, otak saya menganggap teks film tadi sebagai gangguan. :tepokjidat:*


INCEPTION
Pemain : Leonardo Dicaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt, Marion Cotillard, Ellen Page, Tom Hardy, Cillian Murphy
Sutradara : Christopher Nolan
Penulis : Christopher Nolan 
Look A Like with Joker's right?

Mula-mula saya melihat film ini di majalah sinema favorit saya sebagai salah satu film layak ditunggu tahun ini. Menurut saya, film ini salah satu wajib tonton tahun ini. 

Film ini mengisahkan tentang mimpi. Mimpi saat kita tertidur, mimpi yang terkonstruksi dari alam bawah sadar manusia.


Dom Cobb ditemukan beberapa pria bersenjata, terdampar di tepi pantai, dan terluka. Sebelum dibawa, dia sempat melihat dua orang anak kecil yang bermain pasir di pinggir pantai. Cobb dibawa menemui seorang tua yang kemudian mengatakan bahwa dia dulu juga punya teman yang bernama Cobb, suatu ketika muda dahulu.
Adegan bergeser ke Cobb, Arthur dan Saito yang memiliki makan malam yang tenang, sementara Cobb menjelaskan bahwa jika Saito ingin melindungi diri dari Ekstraksi (mencuri ide dari mimpi) ia akan membiarkan Cobb dalam benaknya. Dia akan memberikan semua rahasianya kepada Cobb. Saito hanya mengatakan dia akan mempertimbangkannya, dan keluar dari ruangan itu. Dom dan Arthur memutuskan untuk berjalan-jalan keluar ketika mereka menemukan seorang wanita yang seharusnya tidak berada disana, Mal.
Dom dan Mal bercakap-cakap seperti kenalan lama. Kemudian Cobb meminta Mal duduk di kursi sementara dia melompat dengan tali ke jendela di bawah ruangan itu. *saya bingung, kita tuliskan saja Cobb, bukan Dom*
Cobb memaksa masuk ke ruangan awal dan membuka sebuah brankas dan menukar sebuah amplop coklat. Namun, sebelum keluar dari ruangan itu dia kepergok olah Saito, bersama Mal, menyandera Arthur. Beruntut kejadian penembakan Arthur, kejar-kejaran massa, tsunami di dalam rumah, dan semuanya terbangun di dalam kereta. Namun Saito menemukan dirinya sendirian saja bersama anak remaja di dalam kompartemen kereta.














Dom Cobb adalah seorang seorang pencuri terlatih, yang terhebat dalam seni ekstraksi pikiran, mencuri informasi berharga dari dalam kejauhan alam bawah sadar saat korbannya bermimpi. Ketika pikiran sedang dalam keadaan yang rentan (vulnerable~apa sih yang pas buat nerjemahinnya?) Dia adalah seorang buronan internasional karena keahlian tersebut yang seringkali melakukan penipuan perusahaan. Dia memiliki dua orang anak yang tinggal bersama neneknya dan statusnya membuat dia tidak bisa menemui mereka. Akibat kegagalan tugas terhadap Saito, Cobb dan Arthur sekarang diburu oleh bos mereka sendiri.


Ketika mencoba kabur dari bosnya, Saito datang menawarkan pekerjaan. Dia ingin Cobb melakukan insepsi, seperti transplantasi pikiran, alih-alih mencuri dia diberi tugas untuk meletakkan sebuah ide ke dalam pikiran seseorang. Saito menawarkan status kebebasannya untuk bisa kembali kepada keluarganya. Arthur yang sempat menolak ide ini kemudian ikut bergabung. Cobb pun mulai mengumpulkan tim.


Orang yang pertama dia datangi adalah Miles, seorang profesor arsitek. Dia membutuhkan seorang arsitek untuk merancang bangun mimpi, arsiteknya yang lama 'dibawa' Saito. Miles merekomendasikan Ariadne, salah satu murid terbaiknya. Cobb menjelaskan kepada Ariadne apa yang akan mereka lakukan adalah pekerjaan yang sangat-sangat-tidak legal. Tanpa disadarinya, Cobb telah membawanya masuk ke dunia mimpi. Kejadian di dalam ekstraksi mimpinya membuatnya terkejut dan memutuskan untuk keluar dari tim. Namun Cobb yakin bahwa dia akan kembali karena dia belajar lebih cepat dari siapapun. Ariadne memang kembali.


Mimpi yang diperlihatkan oleh Cobb pada Ariadne adalah alam bawah sadarnya. Ariadne masuk dengan suatu jembatan ke alam mimpi Cobb, ke alam bawah sadarnya, sementara Ariadne bisa merancang mimpi di dalam mimpi tersebut. Itu adalah tugas yang harus dilakukannya di dalam tim. Sambil terus 'membangun' hal-hal yang dia sukai, Cobb memperingatkannya kalau terlalu banyak perubahan yang terjadi maka alam bawah sadar itu akan menyadari keanehan yang terjadi dan si pembuat keonaran akan 'diusir'. Dan Ariadne pun diusir dari mimpi Cobb. Dia terkejut dan pergi. Lalu kembali. Untuk membedakan apakah mereka ada di dunia mimpi atau nyata akan dibutuhkan sebuah totem. Cobb memiliki brass top (gasingan?), Arthur dadu,dan Ariadne membuat pion catur. Anggota tim lainnya yang bergabung adalah Eames, seorang pemalsu/peniru, dan Yusuf, seorang kimiawan yang menciptakan obat tidur berjam-jam.


Insepsi akan dilakukan kepada seorang eksekutif muda Robert Fischer yang akan mewarisi perusahaan energi nomor satu di dunia milik ayahnya. Saito menginginkan robert untuk menghancurkan perusahaan ayahnya agar perusahannya sendirilah yang menjadi perusahaan nomor satu dan menguasai pasokan energi dunia. (betapa motif 'sederhana' bisa membuat kejahatan yang besar seperti ini) Penyelidikan mulai dilakukan. Sebuah ide tidak akan bertahan jika tidak ditanam demikian dalam, misalnya saja hanya pada lapis kedua, mimpi di dalam mimpi. Tim memutuskan mereka akan menembus lapis ketiga dan disanalah ide itu akan ditanam. Lapis ketiga, mimpi yang ada di dalam mimpi yang bermimpi. Berenam, plus Saito yang bersikeras ingin melihat ide itu 'ditanam', mereka merancang mimpinya.


Dalam perencanaan itu, Ariadne tidak sengaja menemukan fakta bahwa wanita yang pernah dilihatnya di dalam mimpi Cobb adalah istrinya, Mal, yang sudah meninggal. Dan keberadaan Mal menjadi penting dalam setiap mimpi Cobb, menyerupai virus, dan membuat Cobb tidak bisa merancang mimpi. Kenyataannya adalah, apa yang dilihat Ariadne dalam kepala Cobb selama ini adalah bukan rancangan, namun kenangan. Kenangan adalah hal yang tidak boleh dicampur aduk dalam proses ekstraksi maupun insepsi. Kenangan Mal ini membahayakan seluruh tim. Ariadne menyuruh Cobb untuk mengatakan hal tersebut pada seluruh tim. Cobb tidak bisa melakukan itu, dia hanya menolak untuk melihat rancangan mimpi Ariadne supaya Mal tidak ikut melihatnya.


Ketika Fischer Sr. meninggal, rencana pun dijalankan. Demi kesuksesan rencananya, Saito membeli armada pesawat yang akan membaca robert ke pemakaman ayahnya. (WT*?!) Di dalam kelas utama, Robert dibius dengan obat sedative Yusuf untuk tertidur selama 10 jam. 10 jam adalah waktu mereka untuk melakukan pekerjaan penanaman ide ini. 10 jam waktu dunia nyata memberikan 1 minggu dalam mimpi tingkat pertama, 6 bulan di tingkat kedua dan 10 tahun dalam mimpi tingkat ketiga. Mekanisme bangunnya adalah tendangan, yang berupa sentakan yang diterima ketika mereka jatuh di dalam mimpi.


Tingkat pertama mimpi. Hujan lebat mengguyur kota (sanat-sangat menunjukkan hati si pemilik mimpi bukan??). Arthur, Saito dan eames menculik Robert. Lalu tiba-tiba sebuah renteng kereta barang muncul. Ariadne sebagai sang arsitek juga tidak mengetahui mengapa kereta yang pernah dilihatnya di mimpi Cobb tiba-tiba muncul. Tidak lama setelah menculik Robert ke dalam taksi, terjadi aksi tembak-menembak. Cobb mengatakan mungkin Fischer sudah terlatih untuk bertahan terhadap ekstraksi. Orang-orang bersenjata ini adalah sistem pertahanan Robert terhadap ekstraksi. Saito pun tertembak. Eames akan menembak Saito untuk mengakhiri penderitaannya, namun Cobb menghentikannya. Sedatif yang mereka gunakan tidak akan membuat mereka bangun walaupun mereka mati di dalam mimpi. Jika hal itu terjadi, maka orang tersebut akan masuk ke dalam Limbo. Sebuah dunia yang lebih dalam dari mimpi, kalau sampai disini, maka akan terjebak selamanya. Ketika bangun, orang tersebut pikirannya akan teralihkan (teracak) dan tidak bisa membedakan realitas sekitarnya.


Lalu apa yang terjadi kemudian? Apakah Saito akan selamat? Akankah mereka sampai ke lapis ketiga? Kenyataan apa yang menyebabkan Cobb tidak lagi bisa membuat mimpi?
Huft! 
Spoilernya cukup sampai disini.Lumayan pegel....Sisanya, saya serahkan semuanya pada Anda...


And here is MY REVIEW.*omaigot, masih sanggup ngetik lu??*


spoiler lengkap : Proceed with your own risk!!!;  http://www.imdb.com/title/tt1375666/

Comments

Popular posts from this blog

DILAN 1990, DILAN 1991, dan MILEA

"Jangan datang ke perempuan untuk membuat dia mau, tapi datanglah ke perempuan untuk membuat dia senang."

Saya hari ini sudah menyelesaikan buku MILEA-nya Pidi Baiq versi soft-reading (jangan tanya dapat dari mana!) setelah saya penasaran begitu buku itu keluar. Budget buku saya lagi dikurangi. Hahahaha.

Saya membeli Dilan 1990 dan Dilan 1991 secara terpisah, yang satu di toko buku di kota saya dengan diskon, dan yang satu lagi dengan dalih lagi-lagi penasaran akan kelanjutannya, saya pesan online dengan diskon juga. Ketika Milea keluar, saya hampir mau membeli ikutan PO, tapi saya nggak butuh CDnya. Akhirnya nggak jadi. Begini dan begitu, ini dan itu, akhirnya saya membaca Milea. Setelah selesai membaca Milea, apakah Ayah Pidi akan mengeluarkan buku lanjutan Dilan-Milea lain? Soalnya Milea kan sudah mau tunangan dan Dilan sudah punya pacar yang juga dia pikirkan selalu.Ups....

Saya kaget waktu membaca Milea di awal karena ternyata Milea ini dari sudut pandang Dilan, dan dua…

RIUH JAGAD MAYA

Setelah pilkada Jakarta usai, ternyata keriuhan jagad maya belum selesai.
Wow banget kaka... salut sama kamu-kamu-kamu yang tiada henti entah menebar fakta atau isu atau sekedar pendapat dan pemikirannya atau malah fitnah (na'udzubullah) di jagad maya. Konsistensi yang luar biasa.... *standing applause*
Seakan-akan energimu tiada habisnya untuk mencari dan mencari, sebar dan membagi.
Coba energimu dialihkan untuk lebih keras mencari jodoh dan menggenapkan setengah dien. #eh
Coba energimu dialihkan untuk  mencari keahlian baru yang bisa berguna untuk nambahin CV atau sekedar keterampilan kerja dan kreatifitas. #uh-huh
Coba energimu digunakan untuk berbaikan dengan teman-temanmu yang terputus silaturahminya karena satu atau dua kata yang menyulut pertengkaran yang sesungguhnya tidak penting dan merugikan. #udahsipbelum?
Coba, lagi, energimu digunakan untuk mencari uang lebih banyak supaya bisa mencari restoran yang murah dan enak supaya bisa traktir keluarga besarmu. #yanginisipbange…

SCURVY

SCURVY. Pernah dengar sebelumnya? Nggak? Saya juga tadinya belum pernah baru dengar. :-D Gara-gara cerpen yang saya buat, saya jadi tahu kata ini, SCURVY, beserta arti lainnya. Kalau menurut terjemahan Om Gugel, SCURVY ini artinya CURANG. Curang itu contohnya seperti ini, "Hati-hati awas jatuh ke CURANG!", atau seperti ini, "Tolong tambahkan uang saku bulanan aku donk Pa, CURANG nih buat jajan.".  Garink?  Yes, I Am! :-P
Kali ini saya bukan membahas mengenai SCURVY=CURANG. Ada SCURVY yang lain. SCURVY yang berarti adalah defisiensi vitamin C. Wow! Saya kira tadinya kalau kekurangan vitamin ya namanya hanya avitaminosis. Ternyata, yang ini ada nama penyakitnya! SCURVY. Mau tau lebih lanjut? Enjoy this writing!